Contoh Resensi Buku Fiksi

Resensi Buku Kumpulan Cerpen

 oleh: Putri Elsari. R

Judul Buku               : Mama Berhati Emas

Pengarang                : Widya Suwarna

Penerbit                    : PT. Penerbitan Sarana Bobo

Kota tempat terbit    : Jakarta

Tebal                          : 7mm

Harga                         : Rp. 12.000,.

Buku kumpulan cerpen Bobo yang dibukukan memuat banyak kisah menarik didalamnya. Terbagi dari beberapa seri kumpulan cerpen. Terdiri dari 13 cerpen pilihan yang banyak mengandung nilai-nilai norma dalam keluarga maupun dalam masyarakat. Yang salah satu cerpennya yang berjudul Mama Berhati Emas. Cerita sederhana tetapi hikmah yang dapat diambil sangatlah berarti.

Menceritakan tentang seorang anak bernama Sinta yang memiliki ibu dengan sifat dan penampilan yang berbeda dengan ibu teman-temannya yang selalu rapi, mengenakan sepatu hak tinggi, menggunakan lipstick, dan pergi ke salon. Sedangkan ibunya  berambut sebahu yang suka mengenakan kemeja dan celana panjang, berpenampilan seperti laki-laki. Sinta sempat berfikir apa yang bisa ia banggakan dari ibunya itu yang setiap hari mengayuh sepedanya untuk bekerja di pasar. Namun dibalik semua itu barulah ia sadar bahwa ibunya memilki hati seperti emas. Hati yang tidak dimiliki oleh ibu teman-temannya. Sebuah kebanggaan yang tidak dapat dimiliki oleh setiap orang. Kebanggaan tidaklah selalu memiliki sesuatu yang berharga, tetapi memiliki sesuatu yang tidak dapat mudah dimiliki setiap orang.

Disajikan dalam bahasa yang mudah dipahami, terutama oleh anak-anak dan yang dilengkapi dengan ilustrasi menarik. Sehingga penyampaian dari isi cerita tersebut dapat terserap dengan cepat oleh pembaca. Pembagian antar cerpen yang satu dengan cerpen yang lainnya tersusun dengan rapih, sehingga mempermudah dalam membacanya dan mencari cerpen secara acak. Mengandung banyak amanat dan hikmah yang dapat kita ambil di dalamnya. Namun problematika yang ditampilkan masih tergolong cukup sederhana, yang biasanya dialami oleh anak SD. Salah satu cerpennya ada yang menceritakan tentang kehidupan anak dari orang kaya, yang sekiranya dapat membuat iri anak-anak dengan kehidupannya yang  sederhana. Seperti kita ketahui buku ini dapat dibaca oleh siapa pun.  Identitas buku kurang lengkap, seperti  tidak adanya tahun diterbitkannya buku tersebut. Sehingga sulit untuk dianalisis.

About these ads

2 thoughts on “Contoh Resensi Buku Fiksi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s