Kemampuan Itachi Uchiha

Itachi menggunakan Karasu Bunshin (Klon Gagak)

Dalam usia yang masih sangat muda, kecerdasan dan bakat Itachi telah ia tunjukkan dalam berbagai hal, hingga bahkan guru-gurunya di Akademi sendiri mengatakan bahwa dalam perkembangannya sangat sedikit dibutuhkan bantuan. Dalam beberapa pertarungan sejak awal seri dimulai, Itachi telah diperlihatkan sebagai seorang ninja yang sangat kuat, seperti yang ia tunjukkan dari kemampuannya untuk mengalahkan beberapa shinobi yang kuat dengan mudah. Bahkan Kisame Hoshigaki, rekan Itachi di Akatsuki, juga mengakui sendiri bahwa Itachi lebih kuat darinya. Bahkan Madara juga mengatakan bahwa Itachi tidak pernah berhenti membuatnya terkagum akan kemampuannya. Namun, Itachi tetap menyadari keterbatasannya, yang diperlihatkan saat ia bertemu Jiraiya, dan berkata bahwa Jiraiya bukanlah tandingannya. Satu-satunya kekurangan dan kelemahan Itachi adalah jumlah chakra / staminanya, yang berada di bawah rata-rata. Selain itu, Itachi juga mengidap penyakit yang parah dan menyadari akan kematiannya yang tidak lama lagi. Namun tetap saja, Sasuke masih tidak mampu mengalahkan Itachi, yang akhirnya malah mati akibat penyakit dan kehabisan chakra.

Akibat trauma mental dari Perang Dunia Shinobi Ketiga, Itachi menjadi seorang yang cinta damai dan mementingkan kepetingan desa lebih dari apapun juga. Hal ini membuat Itachi menjadi seorang shinobi yang tidak suka ikut ambil bagian dalam suatu pertempuran, ia lebih suka mempertahankan diri atau melumpuhkan musuhnya saja daripada membunuhnya, walaupun sebenarnya ia bisa.

Ninjutsu

Itachi menggunakan jurus Elemen Api, Jurus Bola Api (Katon: Gokakyu no Jutsu)

Itachi menguasai seluruh ninjutsu klan Uchiha, termasuk juga Sharingan, ia juga memiliki kemampuan yang hebat baik dalam hal Ninjutsu, Taijutsu, maupun Genjutsu. Ketika bertarung melawan Kakashi, Kurenai, dan Asuma, Kakashi berkomentar bahwa Itachi saat itu bahkan tidak menggunakan setengah dari kekuatannya untuk melawan mereka bertiga. Jurus Itachi juga sering terlibat dengan penggunaan gagak, baik dalam ninjutsu maupun genjutsu. Itachi juga sering terlihat menggunakan klon gagak (Karasu Bunshin) dan terkadang menggunakannya untuk menyembunyikan Shuriken di dalamnya.

Sebagai anggota Klan Uchiha, Itachi terbiasa menggunakan jurus elemen Api. Dia juga diperlihatkan juga dapat menggunakan jurus elemen Air.

Taijutsu

Meskipun bukan seorang master/spesialis Taijutsu, Taijutsu Itachi berada pada tingkatan/level yang sangat tinggi, seperti yang ditunjukkannya ketika ia melawan tiga anggota klan Uchiha lainnya sendirian dengan mudahnya. Dalam Part I, Itachi dapat menghentikan Chidori Sasuke hanya dengan satu tangan dan Itachi juga bahkan dengan brutal dapat mengalahkan Sasuke dengan mudahnya, padahal saat itu Sasuke telah melakukan pelatihan Taijutsu intensif bersama Kakashi untuk Ujian Chunin. Dalam Part II, meskipun terserang penyakit yang parah, Itachi tetap mampu mengimbangi Sasuke yang telah meningkatkan kemampuan taijutsunya di bawah bimbingan Orochimaru. Itachi juga sangat mahir menggunakan pedang, melempar shuriken dan kunai.

Itachi juga memiliki kecepatan yang luar biasa, terutama dalam hal gerakan tangannya. Kemampuannya dalam membentuk segel tangan dan melempar senjata sangat luar biasa, ia bahkan mampu melempar shuriken dalam jumlah yang banyak dan kemudian tiba-tiba saja melakukan suatu jurus tanpa diketahui, membuatnya tampak seolah-olah dapat melakukan jurus tanpa membentuk segel. Itachi juga mampu bergerak dalam jarak yang sangat dekat dalam waktu yang sangat cepat sehingga gerakannya hampir tampak seperti jurus teleportasi. Kecepatannya begitu tinggi sehingga Sasuke maupun Kakashi, yang juga sama-sama memiliki kecepatan yang tinggi dan juga menggunakan Sharingan, tidak bisa mengikuti gerakannya di Part I.

Sharingan

Sharingan Itachi

Menjadi bagian dari klan Uchiha, seperti yang dijelaskan oleh Kakashi, Itachi adalah pewaris sejati mata Sharingan. Itachi sendiri mulai menguasai Sharingan ketika ia masih berusia 8 tahun. Dalam posisi diam, ia mempelajari gerakan lawannya dengan Sharingan dan meresponsnya, seringkali dengan Genjutsu. Itachi sering dipuji karena kehebatannya dalam menggunakan genjutsu, ia sendiri dapat menjebak lawannya dalam genjutsu hanya dengan menatap mata atau menunjuk lawannya. Itachi juga bisa membalikkan genjutsu lawan dengan Magen: Kyo-tenchi Ten. Menurut Ao, Itachi juga dapat menggunakan genjutsu untuk mengendalikan orang lain dari jarak jauh. Sebagian besar kekuatan genjutsu Itachi berasal dari Sharingan, tapi terlepas dari apakah mereka atau tidak, semua genjutsu Itachi menyebabkan trauma mental yang kuat pada lawannya; Itachi adalah master genjutsu, dan sering menggunakan genjutsu sebagai senjata utamanya.

Dengan Sharingan, ia juga bisa memalsukan surat bunuh diri Shisui Uchiha dengan sempurna setelah ia membunuhnya. Dia telah melatih begitu banyak hal dengan matanya bahwa ia telah mencapai tahap di mana dia bisa Sharingan diaktifkan untuk waktu yang lama, dengan pembuangan minimal pada tingkat chakra nya.

Mangekyou Sharingan

Mangekyou Sharingan Itachi

Itachi memiliki mata Mangekyou Sharingan, yang semakin meningkatkan kekuatannya yang sudah sangat besar, dan memungkinkannya untuk menggunakan jurus terkuatnya. Dengan mata kirinya, ia dapat menggunakan Tsukuyomi, salah satu genjutsu terkuat di dunia, yang menjebak pikiran lawan dalam dunia ilusi, dan menyerang mental mereka selama berhari-hari, walaupun dalam dunia nyata, genjutsunya hanya terjadi dalam hitungan detik. Dengan mata kanannya ia dapat menggunakan Amaterasu, salah satu ninjutsu terkuat di dunia dan merupakan ninjutsu elemen api terkuat, yang dapat mengeluarkan nyala api hitam yang langsung bisa digunakan hanya dengan tatapan mata, dan tidak pernah bisa padam sampai targetnya benar-benar habis terbakar, walaupun targetnya juga api sendiri. Jurus terakhirnya adalah Susanoo, sang “Dewa Keberanian yang Menggelora” (勇武 の 荒神, Yūbu no Aragami), suatu jurus yang menggabungkan kekuatan kedua mata kanan dan kiri untuk mewujudkan diri sebagai spektral yang. Susanoo memegang Pedang Totsuka, sebuah pedang halus dengan kemampuan untuk menutup apa saja menembus ke dalam labu yang berfungsi sebagai gagang, dan Cermin Yata, sebuah perisai yang dapat mencerminkan setiap serangan. Zetsu, sesama anggota Akatsuki, menyatakan bahwa dengan penguasaan Sharingan Itachi, dan dikombinasikan dengan senjata-senjata legendaris Susanoo, membuatnya hampir tak dapat dikalahkan.

Susanoo Itachi, lengkap dengan Cermin Yata

Meskipun sangat menguasai Mangekyou Sharingan, Itachi juga sangat menderita efek samping dari penggunaannya. Setiap jurus yang berasal dari Mangekyou Sharingan membutuhkan jumlah chakra yang sangat besar, dan sering membuatnya kelelahan setelah menggunakannya, ke titik yang membutuhkan dia untuk menonaktifkan Sharingan sama sekali, sesuatu yang ia tidak biasanya perlu, batasan tiga kali penggunaan yang tampaknya sudah cukup untuk membawanya ke ini di Part I. Efek samping yang lain adalah bahwa penglihatannya akan semakin memburuk seiring waktu berjalan sejak kebangkitan Mangekyou Sharingan, dan degradasi hanya akan meningkat setelah setiap kali dia menggunakannya, yang akan membawanya untuk akhirnya kebutaan abadi, dengan Sharingan selamanya disegel pergi. Pada saat Itachi mengaktifkan Mangekyou Sharingan selama pertarungan terakhirnya dengan Sasuke, penglihatan Itachi sangat rusak parah, bahwa Sasuke tampaknya hanya berantakan kabur. Itachi begitu dekat dengan kebutaan bahwa pada saat dia diaktifkan Susanoo dalam pertarungan terakhirnya, baik Sharingan telah kehilangan desain Mangekyou di dalamnya, dengan hanya tersisa iris merah. Meskipun stres tubuhnya berada di bawah yang perlahan-lahan membunuh dia masih mampu, pada saat-saat terakhir, untuk melakukan Fūinjutsu nya sendiri.

telah di posting di http://id.wikipedia.org

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s