Contoh teks khotbah

Pentingnya Melaksanakan Sholat

Oleh: Putri Elsari. R

Assalamu’alaikum wr.wb

Pada hari yang cerah ini, pada pagi yang indah ini..  Alhamdulillah dengan keridhoanNya kita masih dapat berkumpul di moment yang berbahagia ini. Sebelumnya marilah kita panjatkan puji syukur atas kehadirat Allah swt yang telah melimpahkan rahmatNya sehingga kita dapat berkumpul di sini dalam keadaan sehat walafiat, tak lupa salawat serta salam turut kita sampaikan kepada junjungan besar nabi kita Muhammad saw.

Islam merupakan agama yang paling diridhoi oleh Allah swt di dunia ini. Tentulah ada pilar-pilar penyokong dibalik itu semua. Salah satunya adalah sholat. Sudahkah para jemaah sekalian melaksanakan sholat? Semoga saja sudah.

Sholat menurut bahasa ialah berdo’a, sedangkan menurut istilah adalah suatu perbuatan dan perkataan dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam, sesuai dengan syarat dan ketentuan lainnya. Pelaksanaan ibadah sholat merupakan bentuk ibadah mahdah yaitu ibadah yang berhubungan dengan Allah, dan diwajibkan bagi orang yang beriman.

Hukum melaksanakn sholat pun ada dua macam, yaitu sholat fatdhu dan sholat sunat. Sholat fardhu wajib dikerjakan bagi setiap muslim yang telah baligh dan berakal sehat. Sedangkan sholat sunah adalah sholat yang dikerjakan diluar sholat fardhu, sholat lima waktu.

Sholat fardhu wajib dikerjakan dalam berbagai keadaan bagaimanapun dan dimana pun. Sebab sholat merupakan benteng utama dan pertama bagi seorang muslim dari perbuatan keji dan munkar, disamping sholat merupakan tiang agama islam sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya.

Seperti yang tertuang pada firman Allah, QS. An Nisa: 103

“Sesugguhnya sholat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya, atas orang-orang yang beriman”

 

Nah.. Dapat dilihat bahwa sholat sesugguhnya merupakan kewajiban bagi setiap muslim. Namun masih banyak orang yang melalaikan sholat dengan tanpa ada rasa yang gelisah di dalam hati. Padahl sholat pun hanya sekitar 5 menit setiap pelaksanaannya sebanyak 5 kali dalam sehari. Tak terlalu menyita waktu aktivitas saudara sekalian. Perintah sholat sudah turun sejak Rasulullah melaksanakan Isra Mi’raj. Itu pun jumlah sholat yang harus dikerjakan sebanyak 50 waktu. Nabi telah melakukan negosiasi sehingga waktu sholat pun ditentukan sebanyak 5 kali. Patutlah kita malu kepada Rasulullah, melaksanakan sholta yang hanya 5 waktu saja masih malas.

Sholat bukan saja merupakaan kewajiban, namun banyak hikmah yang kita dapat, seperti benteng utama bagi setiap muslim untuk menghindari perbuatan keji dan munkar, sebagai sarana untuk lebih mendekatkan diri dengan Allah swt, meminta ridho dan do’a Nya. Bila ingin sukses dunia akhirat janganlah lupa untuk meminta do’a Nya setiap kali setelah melaksanakan sholat. Insya Allah, Allah akan mengabulkan do’a hamba-hambaNya.

Surat Al Ankabut :45

“… Dan dirikanlah sholat. Sesungguhnya sholat itu mencegah dari perbuatan keji dan munkar”

Oleh karena itu marilahn kita laksanakan sholat dengan sebaik-baiknya yang disertai dengan niat yang ikhlas hanya karena Allah ta’ala. Disamping melaksanakan kewajibannya kita juga dapat mendapatkan hikmah dan pahala yang melimpah. Semoga dakwah ini dapat bermanfaat adanya.

Wabillahitaufik wal hidayah

Wassalamu’alaikum wr.wb.

One thought on “Contoh teks khotbah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s