Kanji Kontes IV

Gw berjalan di sepanjang koridor kelas gw. Ehhhh tiba2 ada yg memanggil gw, katanya “ssttt jalan melengos aje, sini ada yg baru nih” “Apa?” ”or**o rasa jeruk” “hah jaruuukkkk?” “jeruk kaleee”  “eh iya itu mah si afika ye” yg manggil gw itu adalah pamphlet  tentang lomba Kanji *gubrrakk* Gw langsung balik lg bwt liat tu pamphlet. Ckck, tentang Kanji Kontes ke IV yg di adakan oleh Universitas Nasional. Ngeliat tu pamphlet gw jd kepengen ikutin tu lomba. Teetttt,  teeetttt bel berbunyi saatnya masuk kelas. Kebetulan pas itu gw ada pelajaran bahasa jepang dan sensei bilang klo ada lomba kanji, trus yg mw ikut nnti blg ke sensei. Pas bgt nih, gw sm salah satu tmn sekelas gw, siraj namanya pgn ikutan lomba kanji, ya udh kita langsung bilang ke sensei dan ada tes seleksi dari sekolah yg dilaksanakan minggu depan. Selama seminggu gw geber bgt tuh huruf-huruf keriting kyk indomie. Maklum, bwt gw first time bgt ikut lomba kanji dan kanji yg gw tau jg masih dikit bgt, cm 20an doank, gelaaaa bgt >,<

Hari tes tiba dan gw malah datang telat, gw kira blm mulai, eh ternyata udah mulai dari tadi, gw lari kocar kacir bwt ikutin itu tes dan untungnya sensei berbaik hati mau nambahin waktu bwt gw. Gw di ksh kertas burem dan kita di suruh ngerjain soal yg ada di papan tulis, soal tesnya kita di suruh tulis huruf kanji dalam kalimat yg masih kurang lengkap trus sm tulis sebanyaknya huruf kanji yg kita ketahui. Nah berbekal waktu seminggu itu dan karena gw jg suka sm lagu jepang, saat itu gw bisa nulis huruf kanji sebanyak 80, ya setidaknya udah mendingan dari pada yg awal lah…haha

Jumlah peserta yg ikut tes waktu itu ada 19 orang dan yg dipilih cm 6 orang. Pesimis dan optimis jg sih sebenernya, tp yg jelas do the best lah😀

Gw berjalan di koridor lg, kali ini gak ada yg sat sut sat sut lg, yak karena gw harus buru2, gw mw kuis mtk mabroo, itu kuis bener-bener mantep deh, kita di haruskan ngerjain soal mtk dalam waktu 1-2 menit, you know lah namanya jg hitung2an waktu 1-2 menit itu waktu yg singgkkaat bgt, tp mw gk mw kita harus bertahan dari seleksi alam itu, klo gk ikutin tu seleksi alam ya punahlah kita. Pas gw masuk kelas, temen-temen gw pada sibuk belajar buat naklukin tu seleksi alam, termasuk gw yg langsung nyari tempat duduk dan langsung buka lapak bwt belajar. Eh tiba2 ada salah satu temen gw nyamperin gw sambil bilang “Selamat ya pe lolos ikut lomba kanji” Gw kaget kesenengan “Ah masa’? emg pengumumannya udah keluar?” trus dia jawab “Iya udah keluar, tp siraj gk lolos, tu di tempel di mading deket koridor, ciee selamet ya” “Oh gitu ya, thanks ya. Sayangnya siraj gk lolos” Seketika itu gw langsung meluncur ke koridor bak orang yg lg kepanasan langsung nyemplung ke kali waktu nemuin kali. Ternyata bener apa kata temen gw, gw lolos! Alhamdulillah ya Allah… Gw urutan kelima, Alhamdulillah bgt lah😀

Pengumumannya ditulis pake huruf kanji yg isinya Selamat kepada peserta yg lolos untuk mengikuti  Kanji Kontes IV yg akan di laksanakan di Universitas Nasional Hari Minggu tanggal 13 November 2011. Untuk persiapan akan di adakan bimbingan sebanyak 3x seminggu setelah pulang sekolah. Kebetulan pas itu waktu udah H-dua minggu. Hehe.. Untung aja tu pengumuman ada artinya, klo kgk, ya gk ngerti sepenuhnya apa isi tu pengumuman. Jiakakkk..

Two weeks left… Gw harus pergunain ni waktu sebaik mungkin, motto gw adalah Do The Best, Pray to Allah and You Will Get The Best. Gw nyari di internet tentang kumpulan kanji yg sering di gunakan, termasuk jg baca artikel orang-orang yg udah pernah ikut kanji kontes sebelumnya. Yap, gw lumayan dapet banyak ilmu tambahan. Gw print out tu kumpulan huruf kyk mie goreng, gw latihan setiap hari, di sekolah kadang klo gk ada guru ya gw corat coret tu kanji di buku. Gw sampe beli buku kumpulan kanji yg tebelnya naudzubillah, tp jd bingung jg sih makenya ==”

Gw pinjem lg aja ke temen gw yg kebetulan ibunya lulusan sastra jepang, nah itu kamusnya mendingan tuh. Sensei jg ngasih kita fotokopian bwt latihan kanji, berguna bgt tuh, ngasih tau kanji baru,artinya, dan beberapa coretan coretan kanji yg bener kyk gmn, trus kita jg di kasih latihan ngerjain soal. Meskipun cuma 2 minggu persiapannya, setidaknya kanji yg gw tau udah nambah, saat itu ada 200an kanji yg gw tau, walaupun msh sedikit di banding aslinya, setidaknya gw udah punya bekel lah buat kanji kontes nanti.

Waktu hari sabtu, kita yaitu gw, fanny, qori, revi, daniel n’ zakka ngumpul di perpus bwt latihan kanji dan sekalian ngomongin mengenai lomba besok. Jadi kita berangkat dari sekolah sekitar jam setengah tujuh pk mobil sekolah. Selesai itu kita pulang buat siapin lomba besok.

Malemnya gw belajar lg, tp gk sekeras biasanya, takut nanti huruf-huruf kecil nan imut itu minggat dari otak gw. Malem kian larut, saatnya mangut-manggut, eh maap maksudnya saatnya tidur.

Selesai sarapan dan minta do’a restu dari sanak saudara, tepatnya kakak dan orang tua gw. Gw berangkat bersama ayah gw yg ganteng ke sekolah gw. Karena kita pake mobil sekolah jadi kita ngumpul di sekolah dulu.  Di sekolah udah ada temen2 seperjuangan gw dan juga temen gw yg mau ikut lomba mtk, sebelumnya gw di tawarin buat ikut lomba mtk jg, tp dikarenakan waktunya yg sama,  jadi gw lebih memilih ikut lomba kanji tercinta iniiii u,u

Tapi ternyataaaa, mobilnya mau di pake dulu buat nganterin anak2 yg mau ikut lomba mtk. Jadinya kita nungguin tu mobil balik lg ke sekolah. Ya tuhannn apakah ini salah kuuuu?? U,u

Dari pada bengong, kita belajar kanji bareng aja deh. Trus kita dapet kabar klo mobilnya gk jemput kita di sekolah, tp di deket tol timur, soalnya arus balik ke sekolah gw macet, takutnya telat klo nungguin mobilnya, jadinya kita ke tol timur naik motor. Sesampainya di tol timur satu menit kemudian mobilnya dateng dan kita langsung transit dari motor ke mobil. Hahhh… setidaknya gw bisa bernafas lega, it’s time to go to the place of the war.

Singkat cerita gw sampai di Universitas Nasional, peserta kanji yg dateng udah banyak. Dari berbagai penjuru, karena tingkatnya Jabodetabek dan Banten. Kita daftar ulang dan kebetulan biayanya gratis. Kita dapet kupon makan, kupon sertifikat, dan kupon souvenir. Lumayan bgt tuh, udah gratis pendaftaran, tp modal bgt. Gw mencari ruang tempat lombanya, ternyata gw seruangan sm qori. Dari daftar yang ada ternyata kanji kontes waktu itu diikuti ratusan peserta. Banyak jg yak O.O

Prinsip tetep, hadapi dengan sebaik-baiknya. Masuk ruangan, kakak pengawas masuk, sedikit bercerita tentang kanji kontes dan ngasih tau buat yg dapet juara satu hadiahnya laptop. Wow… Menarik sekali O.O Beberapa saat kemudian soal di bagikian dan waktunya kanji kontes di mulai.

Gw buka tu soal, ada empat part. Gw lupa-lupa inget sih. Part 1 di suruh ngelengkapin kalimat yg kosong pake huruf kanji yang tepat, Part 2 antonim sinonim dari huruf kanji, Part 3 ada gambar trus suruh tulis apa yg sedang dilakukan orang dalam gambar itu pk kalimat yg mengandung huruf kanji di dalamnya, Part 4 mencocokkan huruf kanji dengan artinya. Pokoknya modelnya kyk gt, cm gw lupa di part mana aja. Huruf kanji yg gw pelajarin lumayan banyak yg keluar, sekitar 80% gw bisa ngerjain tu soal. Pasrah aja gw, peserta jg banyak, psti banyak jg yg bisa ngerjain lebih dari 80%, yg penting udah melakukan yg terbaik🙂

Acara dilanjutkan dengan acara hiburan. Ada penampilan tarian apa lupa gw namanya yang jelas itu tarian untuk memperingati panennya hasil laut, ada juga mahasiswa sana yg sempet kuliah di Jepang berbagi ceritanya, dan ada juga penampilam paduan suara. Nah di situ tuh gw ngeliat anak cowo kecil chinesse tapi imut bgt deh, kyk boneka, rasanya pgn gw bawa pulang. Tp dikarenakan takut digebukin ibunya, ya gw urungkanlah niat mulia gw itu. Abis itu pemimpin salah satu sponsor terlaksananya kanji kontes datang memberikan sambutan. Orang Jepang asli, jadi ada translaternya gitu.

Dan tibalah acara pengumuman, pengumuman pertama untuk tingkat SMP dulu, abis itu baru tingkat SMA. Degdegan pastinya, yg jelas pasti berharap menang, tapi apapun itu ya tetap harus kita terima dan syukuri. Pemenangnya diumumkan, tapi saat itu gw blm beruntung. Ya gpp syukur Alhamdulillah, gw udah bisa ikutin lomba kanji, yg penting dapet pengalaman, pengalaman lebih mahal harganya. Rezeki gw bisa jadi di tempat lain…. Aminnn :)  Selamat ya buat para juara Kanji Kontes IV.

Leave a Reply

