Jenis-jenis Perguruan Tinggi

UNIVERSITAS

Universitas merupakan perguruan tinggi yang mempunyai program studi paling beragam, dari bidang eksakta sampai social, dari teknologi samapi bahasa, dikelompokkan dalam fakultas. Universitas memberikan gelar sarjana sesuai kewenangannya. Dari program sarjana lazim disebut S1, program pasca sarjana S2 (program magister), dan S3 (program doctor)

INSTITUT

Mirip dengan Universitas adalah institut. Bedanya, intitut hanya membuka pendidikan dalam ilmu sejenis. Di univeritas satu fakultas dan fakultas yang lain bidang ilmunya bisa sangat berbeda sedangkan di institut bidang ilmunya semua fakultas berdasarkan ilmu sejenis.

SEKOLAH TINGGI

Perguruan tinggi yang menyelanggarakan hanya satu program profesi sesuai dengan spesialisasinya. Letak perbedaan dengan institute, di intitut dibuka sekelompok program studi sejenis, sedangkan di sekolah tinggi hanya satu jenis.

AKADEMI dan POLITEKNIK

Biasanya hanya menyelngarakan satu jurusan satu program studi dan lebih menekankan pendidikan kejuruan. Dua lembaga pendidikan ini menggembleng mahasiswa dalam hal ketrampilan praktek kerja dan kemampuan untuk mandiri.

Di univeritas dan institut dibuka juga program studi non-gelar, mirip dengan akademi atau politeknik. Istilah program D (disebut D1 ditahun pertama, D2 tahun kedua, dan D3 tahun ketiga)

Telah di posting di http://www.ebookkarir.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s