My Amazing Mother

Ibu.. Namanya seorang anak pastilah tidak terlepas dari kata ibu. Ya bagaimana tidak, kita kan lahir dari rahimnya dan sebelum melihat dunia yang fana ini kita pun sempat singgah di rahimnya kurang lebih 9 bulan 10 hari. Iya kalo pas segitu, ada yang udah pengen cepet-cepet keluar atau bahkan minta nambah tinggal di rahim ibu, ya itu seperti kakak gw.. Haha

Berkaitan dengan itu pada kesempatan kali ini gw mau cerita tentang betapa amazing nya ibu gw. Ibu gw itu bisa dibilang wanita karir. Ya dia bekerja sebagai guru IPA di salah satu SMP negeri di jakarta tepatnya di SMP Negeri  61 Jakarta Barat. Inilah letak kehebatannya. Rumah gw tuh di Bekasi dan ibu gw ngajar di Jakarta, setiap hari pula. Dia gak ngekost atau ngontrak deket sekolah tempat dia ngajar jadinya dia pulang pergilah itu naik bis. Ya dia berangkat tiap subuh dan pulang sore kadang malam. Hal itu sudah berlangsung sejak gw kecil, bahkan saat lagi hamil gw pun ibu gw udh melakukan rutinitas itu *hiks..hiks jadi terharu :’(* Waktu itu dia masih ngajar di dua SMP salah satunya SMP swasta. Pulang pergi naik kereta, lagi hamil, gak kebayang deh itu rasanya gimana. Sesek-sesekan, mual di kereta ditambah bawa bawaan yang berat yang gak bisa ditinggal tinggal atau dititipin. Waktu gw kecil pun gw masih biasa aja menanggapi hal itu, ya mungkin karena gw belum ngerti apa-apa, tapi seiring bertambahnya usia gw, gw menyadari akan semua hal itu.. Perjuangan ibu gw yang mungkin sampai mati pun gw gak akan bisa membalas semuanya

Gw masih inget waktu gw kecil, ibu gw suka ngejahit mute mute gitu semacam pernak pernik gitu buat tambahan biaya sehari hari di samping kerja tetapnya sebagai guru. Sekitar tahun 1994-2000an dimana gaji guru itu masih sedikit banget. Dibikin jadi dompet terus di jual-jualin, ya tapi hasilnya gak seberapa. Abis itu ibu gw nyoba jual-jualin permen atau coklat yang bentuknya payung atau koin emas, kalian semua pasti inget deh. Permen sama coklat-coklat itu di jualin per satu bungkusnya ke tetangga-tetangga bahkan ke RT sebelah. Ibu gw jalan kaki, menjajakan dagangannya ke warung-warung. Ya seperti yang kalian tahu semua gak berjalan mulus, ada yang di jutekin sama ibu warungnya, ngeliat liat doank tapi malah gak beli dan sebagainya. Sampai suatu ketika ibu gw nawarin dagangannya ke warung yang kebetulan pemiliknya satu kampung sama ibu gw. Cucok deh istilahnya, cerita-cerita tentang keluarga dan ternyata anaknya lagi butuh guru les SMP, kebetulan juga ibu gw guru jadilah semenjak itu ibu gw jadi guru privat buat anak si pemilik warung itu. Alhamdulillah pendapatannya lumayan dan anak itu bisa dapet peringkat pertama yang sebelumnya dia gak bisa dapet eh jadi dapet semenjak les sama ibu gw. Menambah saudara, hubungan semakin dekat dan menjalin silaturahmi

Sebenarnya perjuangan ibu gw untuk bisa sampai seperti sekarang itu banyaaaaak bangeeeetttt dan gak gw ceritain semuanya di sini. Waktu kecil ibu gw mau makan aja susah sampe sampe satu goreng pisang mesti dibagi dua buat istirahat jam kedua. Gak kebayang deh kalo di bandingin sama kondisi sekarang yang kadang-kadang anak-anak zaman sekarang main buang makanan aja padahal masih bisa dimakan. Alhamdulillah sekarang ibu gw udah PNS dan guru sudah lebih sejahtera dibandingkan dulu. Perjuangan ibu gw gak sia sia dan membuahkan hasil. Dari awal pengabdiannya sebagai guru, terseok seok, ngajar di sekolah yang anak-anaknya nakal dan suka tawuran dengan gaji yang kecil pula. Hingga sekarang bisa ngajar di sekolah yang sudah cukup maju dan berprestasi di bidang pendidikan dan teknologinya serta murid-murid yang mempunyai minat  belajar cukup tinggi.

Disamping semua kehebatannya ada tingkah konyol yang sering ibu gw perbuat. Kayak suka nari nari kalo lagi kesenangan, kalo gw lagi nyetel lagu terus tiba-tiba ibu gw nari atau ngejadiin tuh lagu buat pengiring gerakan senamnya yang serta merta mendadak gara-gara ada musik. Udah gitu musiknya kagak cocok buat ditariin, masak iya lagu Secondhand Serenade di tariin, udah tau lagunya kebanyakan melow gitu ==” dan kekonyolan ibu gw lebih terungkap saat bareng-bareng temenya, hal itu gw liat waktu gw ngikut ke jogja dalam rangka raker guru-guru sekolah tempat  ibu gw ngajar. Gw gak ceritain lah gimana konyolnya ibu gw kan bahaya kalo nanti ada muridnya yang secara gak sengaja baca postingan gw ini.. Wkwkwk

Kalo dibandingin sama Ayah gw, masih gaulan ibu gw. Ayah gw masih bisa dikatakan gaptek urusan teknologi *maafkan anakmu ini* Ibu gw punya facebook sm blog. Tapi yang aktif cuma fb doank sih, dulu minta bikinin blog sama gw, eh tapi malah kagak di urus, malah minta gw  yang ngurusin. Twitter juga mau dia, tapi gk tau deh kelanjutannya tu gimana. Ya setidaknya lumayanlah fb masih ibu gw sendiri yang ngurus. Ibu gw punya beberapa keahlian non akademik diantaranya dia bisa menggambar. Nah karena hal itulah gw sering ikut lomba menggambar waktu gw kecil, banyak deh memory-memory untuk satu hal yang itu. Ibu gw juga bisa main gitar, gak jago-jago banget sih, setidaknya bisa mainin beberapa lagu kesukaannya. O’ya ibu gw juga bisa motong rambut. Jadi waktu kecil gw jarang banget ke salon karena selalu ibu gw yang potongin rambut gw dan kakak gw. Gak cuma itu, dia juga bisa motong rambutnya sendiri.. Wkwkwk

Ibu gw juga suka foto foto. Ini beberapa hasil jepretannya yang dia ambil dari kamera hapenya saat di bis pas lagi berangkat ke sekolah. Gak sebagus hasil kamera jepretan SLR dan para fotografer, tapi tetep bagi gw hasil jepretan ibu gw bagus buat gw.. Hahaha

Beberapa gw tambahin efek, biar lebih hidup gitu..hehe

 

 IMG_20130201_114456 copy

Ini diambil dari sudut pandang sekolah ibu gw ngajar. Gw suka sama gedung yang muncul di sudutnya itu. Terkesan The Autority of the Sky

IMG_20130201_120114 copy

Gw suka perpaduan antara gedung sama rumah penduduknya. Kontras banget, melukiskan Jakarta kota metropolitan dan kota yang cukup padat penduduknya. Cuma gw bingung sama yang di atas atap, itu kayak mobil tapi juga kayak monorail satu gerbong o.O I also like the clouds

 

 Foto0315

Nah.. It was pure taken from my mother’s cellphone without any effects. I like the reflection of building and the angle compared with the clouds.

 IMG_20130201_115146 copy

Ini juga diambil dari lantai dua di sekolah tempat ibu gw ngajar. Ya begitulah rupa sekolah itu

 PicsArt_1359649566239 copy

Nah kalian pasti udah tau.. Ya ini adalah patung pancoran salah satu ciri khas kota jakarta

 PicsArt_1359693624397 copy

Untuk foto yang satu ini gw gak tau apa yang ada di pikiran ibu gw saat ngambil gambar itu. Mau menunjukkan betapa sering macetnya kota jakarta, banyaknya pengguna jalan tol, atau malah seneng ngeliatin mobil yang keren-keren udah gitu berderet banyak  lagi. Masalahnya foto itu sempat jadi wallpaper hape ibu gw dalam waktu yang cukup lama setelah menggantikan foto gw sebagai wallpaper hape ibu gw :’3

Ya itu adalah sebagian cerita tentang ibu gw, masih banyak banget kisah tentangnya yang gak bisa gw ceritain hanya di selembar atau dua lembar halaman. Ibu.. Dia gak hanya sekadar ibu buat gw, tapi dia juga sebagai teman dan sahabat buat gw, yang selalu ada untuk gw kapan dan di manapun, menghapus air mata gw di saat gw menangis dan ikut tertawa disaat gw gembira. My real best friend is only my beloved Mother :) 

Leave a Reply

